Rekomendasi Antivirus Terbaik
Teknologi

6 Rekomendasi Antivirus Terbaik

Rekomendasi Antivirus Terbaik – Keberadaan virus memang sangat mengganggu dan membahayakan karena dapat menurunkan performa komputer atau laptop Anda.

Itulah mengapa Anda harus betul-betul memperhatikan keamanan sebuah OS dari gangguan Malware. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan antivirus yang handal.

Biasanya, virus akan menggandakan diri dan menyebar ke dokumen atau program yang ada di komputer atau laptop. Nah, antivirus dengan kualitas terbaik sangat diperlukan guna melindungi laptop atau komputer dari kerusakan.

Berikut adalah 6 rekomendasi antivirus terbaik yang dapat Anda coba.

6 Rekomendasi Antivirus Terbaik

1. Avira Free Security Suite

Avira menjadi satu di antara sekian rekomendasi antivirus terbaik yang paling ringan dan ampuh. Antivirus ini juga dapat Anda nikmati secara gratis, tanpa dipungut biaya.

Meski gratis, Anda tetap dapat memperoleh banyak kelebihan dari antivirus ini. Karena alasan itulah charis.id juga merekomendasikan penggunaan Avira antivirus.

Avira antivirus dapat memproteksi PC atau laptop dari serangan Adware, program Backdoor, Spyware, dan beberapa jenis virus lainnya.

Tak hanya itu, antivirus ini juga dapat mendeteksi keberadaan Malware atau virus baru yang belum diketahui sebelumnya.

Fitur-fitur lain yang dimiliki antivirus ini pun cukup menarik, bahkan mungkin tidak dimiliki oleh antivirus yang lain.

Sayangnya, versi gratis yang diberikan Avira hanya dapat Anda gunakan secara personal.

Berbeda dengan antivirus jenis lainnya, proses instalasi antivirus ini pun memerlukan waktu yang sangat lama. Selain itu, fitur keamanan real time yang dimiliki juga cukup mengganggu.

2. Avast Free Antivirus

Avast juga menjadi rekomendasi antivirus terbaik yang handal dan memiliki tingkat keamanan dan perlindungan terbaik. Ada dua versi yang ditawarkan oleh antivirus ini, yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Untuk Anda yang memilih versi gratis, Anda juga tak perlu risau karena meski gratis, kemampuan yang diberikan tetap bagus.

Fitur yang dapat Anda temukan di antivirus yang ringan ini di antaranya yaitu WiFi Inspector dan Cyber Capture.

Fitur Cyber Capture berfungsi untuk membersihkan laptop atau komputer dari ancaman. Sementara itu, WiFi Inspector digunakan untuk mengamankan keberadaan jaringan Wifi.

Selain kedua fitur di atas, Avast juga dilengkapi dengan Smart Scan yang dapat mendeteksi ancaman game mode dan keamanan.

Fitur scanning dan keamanan real time yang diberikan pun cukup lengkap. Bahkan, antivirus ini juga sudah dilengkapi dengan fitur password manager yang dapat menjaga keamanan akun.

Jika berminat, Anda dapat menggunakan antivirus ini pada Windows  XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows Vista.

Namun, saat menggunakan antivirus ini, jangan kaget jika pop-up iklan dari Avast akan sering muncul. Tak hanya itu, Avast juga kerap melakukan update untuk software yang tidak berkaitan dengan Avast.

3. Smadav

Jika Anda pecinta produk-produk Indonesia, cobalah untuk menggunakan Smadav. Smadav menjadi antivirus hasil pengembangan dari developer Indonesia yang ditawarkan secara gratis.

Penggunaannya pun sangat ringan, tetapi tetap ampuh dalam menanggulangi virus-virus yang mengganggu di komputer atau laptop Anda.

Antivirus ini juga memberikan perlindungan yang baik terhadap koneksi eksternal seperti memory card, flashdisk, dan perangkat lainnya.

Smadav juga efektif untuk membasmi dan mendeteksi keberadaan virus lokal yang sangat berbahaya. Sayangnya, antivirus Smadav ini belum bisa digunakan untuk membasmi dan mendeteksi virus asing.

4. AVG Antivirus

Sejak tahun 2016, antivirus ini telah berhasil diakuisisi secara resmi oleh Avast Software. Meski begitu, sudah sejak lama ini AVG sudah menjadi salah satu rekomendasi antivirus terbaik yang dapat diandalkan.

AVG dilengkapi dengan fitur web protecting yang berfungsi untuk melindungi segala aktivitas browsing. Antivirus ini juga memiliki fitur real time security update yang jauh lebih aman dibandingkan antivirus lainnya.

Selain itu, AVG juga dapat melakukan proses scanning pada keamanan link yang ada di website yang sedang Anda jelajahi.

Anda dapat menggunakan antivirus ini secara gratis, tanpa harus membayarnya.

Namun, sedikit berbeda dengan antivirus lain, AVG antivirus tidak secara langsung menghapus virus atau file yang terdeteksi, melainkan hanya mengkarantina saja.

Selain itu, antivirus ini kerap salah dalam mengidentifikasi file berformat exe sebagai virus. Penggunaannya pun terbilang cukup rumit dan mungkin kurang cocok bagi pemula.

5. Comodo

Bagi Anda yang menggunakan laptop atau komputer berbasis Windows, Anda dapat mencoba antivirus yang satu ini.

Tak hanya melindungi laptop atau komputer dari serangan virus, tetapi juga dapat melindungi dari serangan Malware.

Dalam melindungi komputer atau laptop dari serangan Malware, Comodo melakukannya dengan proses scanning.

Comodo ditawarkan secara gratis dan sangat ringan untuk digunakan. Antivirus ini juga dilengkapi dengan fitur malicious URL blocking dan phishing protection.

Namun sayangnya, antivirus gratis ini kurang memiliki fitur yang lengkap.

6. Sophos Home

Antivirus ini dapat digunakan untuk melindungi komputer atau laptop hingga 10 perangkat sekaligus.

Sophos Home dapat melindungi semua perangkat laptop dan komputer dari berbagai serangan berbahaya dan juga memblokir situs-situs berbahaya.

Sophos Home juga handal dalam mengatasi masalah yang terjadi pada Keylogger, Ransomware, dan lain sebagainya.

Hanya saja, fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini cukup sulit untuk dipahami sehingga kurang ramah digunakan untuk pemula.

Anda dapat menggunakan antivirus ini pada laptop dan komputer berbasis Mac Os dan Windows.

Kesimpulan

Ketika laptop atau komputer Anda terinfeksi virus maka sebaiknya segera Anda proteksi dengan antivirus sebab keberadaan virus dapat mengganggu kinerja dan performa perangkat laptop atau komputer Anda.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan rekomendasi antivirus terbaik seperti yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga:

4 Langkah Mematikan Antivirus Windows 10

6 Langkah Membuka Microsoft Store Bermasalah

4 Langkah Aktivasi Microsoft Office 2016

4 Langkah Aktivasi Microsoft Office 2013

Menghapus Chromium Semua Windows

3 Langkah Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah dan Aman

Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Aplikasi

Mengenal HDD Lebih Dekat

5 Langkah Membersihkan File Sampah di Laptop

Itulah penjelasan singkat tentang 6 Rekomendasi Antivirus Terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ke orang-orang terkasih Anda.