Mematikan Antivirus Windows 10
Teknologi

4 Langkah Mematikan Antivirus Windows 10

4 Langkah Mematikan Antivirus Windows 10 – Sudah tidak perlu diragukan bahwa antivirus sangat penting untuk menjaga komputer Anda dari gangguan virus berbahaya. Apabila sudah terinfeksi virus, komputer Anda bisa mengalami penurunan kinerja bahkan bisa sampai rusak secara permanen. lho.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa antivirus juga bisa salah mendeteksi virus? Seperti contoh Windows Defender.

Windows Defender yang merupakan bawaan dari Windows 10 terkadang mendeteksi file/aplikasi normal sebagai virus yang “mengganggu”. Jika dibiarkan terus menerus, hal tersebut bisa sangat menghambat aktivitas Anda di komputer/laptop.

Nah, berikut ini 4 langkah mematikan Antivirus Windows 10 yang kerap mengganggu kinerja komputermu. Tidak perlu khawatir karena hal ini dapat Anda lakukan secara sementara atau bahkan permanen tergantung kebutuhan Anda.

4 Langkah Mematikan Antivirus Windows 10

1. Windows Security

Langkah pertama untuk mematikan antivirus Windows 10 adalah melalui Windows Security. Windows Security adalah nama Windows Defender versi terbaru. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dengan mematikan Windows Security/Defender lewat fitur antivirus itu sendiri. Cara ini dipakai untuk mematikan antivirus sementara waktu saja.

Ketika Windows Security/Defender mendeteksi aplikasi normal sebagai virus, atau mendeteksi file normal sebagai virus berbahaya. Maka Anda dapat mematikan antivirus tersebut untuk sementara waktu sampai Anda benar-benar selesai melakukan aktivitas yang berkaitan dengan file/aplikasi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa langkah mematikan antivirus Windows Security/Defender untuk sementara waktu. Anda bisa mengaktifkan Windows Security/Defender kembali kok!

  1. Buka aplikasi Windows Security/Defender melalui Start menu, ketik “Windows Defender”, atau “Windows Security”.
  2. Di menu utama fitur antivirus tersebut, pilih opsi “Virus & Threat Protection”.
  3. Di laman Virus & Threat Protection, Anda akan dihadapkan pada beberapa opsi. Cari dan pilih opsi yang bertuliskan “Manage Setting”. Toolbarnya ada di bawah sendiri.
  4. Disitu Anda akan melihat ada 2 toggle yang semuanya bergeser di tulisan “On”. Untuk mematikan Windows Defender sementara waktu, geser toggle pada opsi “Real-Time Protection” dari On menjadi Off.
  5. Karena antivirus bawaan Windows 10 ini cukup sensitif, Anda akan menerima pop-up konfirmasi mengenai perubahan device yang terjadi. Langsung saja klik “Yes” pada opsi yang diberikan.
  6. Selesai. Kini Windows Defender/Security telah dinonaktifkan sementara waktu.

Jika Anda ingin menghidupkan antivirus bawaan Windows 10 itu lagi, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas. Sampai pada step ke 4, Anda tinggal ubah toggle pada “Real-Time Protection” dari Off menjadi On. Selesai.

2. Registry Editor

Langkah kedua untuk mematikan antivirus Windows 10 adalah melalui Registry Editor. Jika Anda ingin menon-aktifkan Windows Defender secara permanen, Anda bisa menggunakan fitur Registry Editor ini. Fitur Registry menyimpan semua database OS Windows tanpa terkecuali Windows Defender. Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

    1. Buka menu Start atau bisa tekan tombol “Windows+R”, lalu ketik “Regedit” pada kolom pencarian. Tunggu sampai aplikasi Registry Editor ini muncul, lalu klik.
    2. Dari situ akan muncul pop-up untuk meminta konfirmasi Anda mengenai aplikasi Registry EditKlik saja “Yes” untuk lanjut ke halaman berikutnya
  • Copy-paste link ini pada kolom “Address Bar” lalu tekan enter:

HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Policies/Microsoft/Windows Defender

    1. Anda akan langsung ada di laman Windows Defender. Langkah selanjutnya, klik kanan pada folder yang telah di rename tadi, kemudian klik opsi New lalu pilih DWORD (32-Bit) Value.
    2. Ketik nama “DisableAntiSpyware” atau “DisableRealtimeMonitoring”, kemudian tekan Enter.
    3. Klik kanan pada file yang sudah diberi nama tadi, pilih opsi “Modify”
    4. Hapus dan tuliskan angka 1 di kolom “Value Data”, untuk mematikan fitur Windows Defender di Windows 10 secara permanen. Jangan lupa klik Ok. Selesai.
  • Reboot komputer Anda, dan Windows Defender berhasil dimatikan permanen. 

Khusus untuk langkah melalui Registry Editor ini, resikonya bisa menimbulkan masalah/error pada sistem PC. Namun, jika Anda melakukan semua caranya dengan benar tanpa kesalahan maka cara mematikan antivirus ini aman untuk Anda coba.

3. Local Group Policy

Langkah ketiga untuk mematikan antivirus Windows 10 adalah melalui Local Group Policy. Local Group Policy juga termasuk fitur bawaan Windows 10 yang bisa digunakan untuk membuat, melihat, serta memodifikasi Group Policy. Selain itu, Local Group Policy juga bisa digunakan untuk mematikan Windows Defender secara permanen. Berikut langkah selengkapnya:

  1. Tekan tombol “Windows+R” secara bersamaan pada keyboard. Ketika fitur RUN sudah terbuka, tuliskan “gpedit.msc” lalu tekan Enter
  2. Setelah itu, laman Local Group Policy akan terbuka. Anda harus menemukan Windows Defender Antivirus untuk bisa mematikan antivirus tersebut secara permanen.
  3. Pertama, klik Computer Configuration, lalu klik Administrative Templates, kemudian pilih Windows Components, dan terakhir Windows Defender Antivirus.
  4. Setelah berada di laman Windows Defender Antivirus, cari menu “Turn Off Windows Defender Antivirus” 
  5. Klik 2 kali (Double klik) pada opsi tersebut, kemudian pilih bagian “Enable” untuk membuat antivirus tersebut non-aktif. Jika sudah, klik ‘Ok’ dan restart komputer/laptop Anda.
  6. Selesai. Antivirus bawaan Windows 10 tersebut telah dimatikan secara permanen.

4. Defender Control

Langkah terakhir untuk mematikan antivirus Windows 10 adalah melalui aplikasi Defender Control. Jika Windows Defender Anda tidak bisa dimatikan/dinonaktifkan dengan 3 cara di atas, Anda bisa mencoba mematikan antivirus tersebut lewat sebuah aplikasi. Aplikasi ini adalah aplikasi yang mampu mengontrol Windows Defender hanya dengan sekali klik saja. Berikut langkah selengkapnya:

  1. Sebelumnya, Anda bisa download aplikasi Defender Control lewat Google terlebih dahulu.
  2. Kemudian, buka aplikasi tersebut.
  3. Jika Windows Defender masih aktif, maka aplikasi tersebut akan berwarna hijau. Untuk mematikannya, Anda bisa klik opsi “Disable Windows Defender”.
  4. Secara otomatis, fitur antivirus tersebut akan langsung mati dan aplikasi Defender Control ini akan langsung berubah warna menjadi merah.
  5. Jika ingin dinyalakan lagi, klik tombol “Enable Windows Defender”. Selesai. Mudah kan?

Windows Defender adalah fitur antivirus bawaan yang cukup sensitif terhadap file/aplikasi baru. Oleh karena itu, keberadaan Windows Defender sempat menuai pro-kontra di awal peresmiannya.

Baca Juga:

Cara Download Video Youtube di Laptop

7 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

6 Provider WiFi Termurah Selama #DiRumahAja

Cara Menghapus Halaman Facebook di PC dan HP

Situs Download Film Subtitle Indonesia Terbaru Secara Gratis

Cara Mudah Download Video di Facebook Tahun 2020

6 Situs Download Game PC Bajakan Gratis Selama #DiRumahAja

10 Situs Download Game PC Legal Gratis Selama #DiRumahAja

4 Cara Mempercepat Koneksi Internet dan WiFi

Itulah penjelasan singkat tentang 4 Langkah Mematikan Antivirus Windows 10. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ke orang-orang terkasih Anda.