Membuka Microsoft Store Bermasalah
Teknologi

6 Langkah Membuka Microsoft Store Bermasalah

6 Langkah Membuka Microsoft Store Bermasalah – Mungkin Anda sudah tahu bahwa Microsoft Store adalah toko aplikasi yang disediakan khusus untuk para pengguna Microsoft Windows. Di toko tersebut, Anda bisa menemukan ratusan game serta aplikasi menarik yang siap Anda pasang di PC/laptop Anda.

Aplikasi serta game yang ditawarkan tidak semuanya berbayar. Banyak juga aplikasi serta game gratis yang menarik dan bermanfaat untuk Anda download.

Sayangnya, fitur tersebut sering memiliki kendala seperti Microsoft Store bermasalah atau error. Jika Anda mengalami hal yang sama, coba terapkan beberapa langkah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

6 Langkah Membuka Microsoft Store Bermasalah

Ketika komputer Anda mengalami Windows Store auto closedcoba cek koneksi internetnya. Untuk bisa mengakses Microsoft Store, komputer Anda harus terhubung dengan jaringan internet.

Kemudian setelah itu, Anda harus login menggunakan akun Microsoft Anda yang telah terdaftar. Jika Anda belum memiliki atau belum mendaftar akun Microsoft, kunjungi link berikut ini.

Anda bisa melakukan pendaftaran menggunakan Gmail, email apapun, atau nomor telepon untuk membuat akun Microsoft. Setelah itu, cobalah akses microsoft store lagi.

1. Cek Pengaturan Tanggal dan Waktu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuka Microsoft Store yang bermasalah adalah dengan mengecek pengaturan tanggal dan waktu. Untuk membuat Microsoft Store berfungsi dengan baik, komputer/laptop Anda harus berada di pengaturan waktu yang tepat.

Caranya, arahkan kursor ke bagian pojok kanan bawah layar yang menunjukkan tanggal dan waktu. Klik bagian tersebut, kemudian pilih “Change date and time settings”, lalu pilih menu “Internet time”.

Disitu Anda bisa lihat keterangan yang tertulis. Jika pengaturan waktu dan tanggal komputer Anda sudah sinkron dengan internet, harusnya bertuliskan “The clock was successfully synchronized with time.nist.gov”.

Namun jika ternyata belum sinkron dengan waktu internet, klik bagian “Change settings”. Kemudian centang kotak yang bertuliskan “Synchronize with an internet time server”.

Setelah itu, pilih server “time.nist.gov” lalu klik tab “update now”. Selesai! Tanggal dan waktu sudah sinkron dengan internet.

2 Reset Cache Microsoft Store

Langkah kedua yang harus Anda lakukan jika cara di atas tidak bisa untuk membuka Microsoft Store yang bermasalah adalah dengan reset Cache Microsoft Store. Bisa jadi penyebabnya karena cache yang rusak.

Biasanya, ketika Cache bermasalah Anda akan mendapatkan pop-up notifikasi bertuliskan “Windows store cache may be damage”. Untuk mengatasinya, coba reset Cache

Berikut cara menghapus Cache Microsoft Store:

  • Buka jendela Run pada layar komputer dengan menekan tombol “Windows+R” secara bersamaan pada keyboard
  • Kemudian, tuliskan “wsreset.exe”
  • Enter atau klik opsi “OK”
  • Komputer akan memulai proses reset CacheSaat proses reset sedang berjalan, layar otomatis akan menjadi hitam. Tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  • Setelah selesai, Anda bisa coba buka Microsoft Store. Seharusnya sudah tidak error lagi.

 

3. Manipulasi Cache Folder

Langkah berikut yang harus Anda lakukan jika cara di atas masih tidak bisa untuk membuka Microsoft Store yang bermasalah adalah dengan memanipulasi Cache Folder. Memanipulasi Cache Folder adalah cara untuk mengatasi Microsoft Store yang macet atau error karena Cache yang rusak.

Cara ini bisa Anda coba, jika reset Cache belum bisa membuat Microsoft Store terbuka maka Anda perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Jika Anda sedang berada di jendela Microsoft Store, tutup layanan tersebut secara paksa menggunakan Task Manager. Caranya, tekan tombol berikut ini secara bersamaan pada keyboard “CTRL+Alt+Del”
  • Setelah itu, masuk ke Windows lalu gunakan fitur “Research” dari file explorer. Temukan direktore Cache Microsoft Store dengan menuliskan “User” pada fitur pencarian tersebut.
  • Dari situ akan muncul folder bertuliskan:

Microsoft.windowsStore_8wekyb3d8bbwe”. Buka folder tersebut

  • Anda akan melihat ada pilihan beberapa folder disitu. Tugas Anda selanjutnya adalah cari folder yang bertuliskan “LocalState”.
  • Rename folder tersebut menjadi “Cache.old”
  • Restart komputer dan coba buka Microsoft Store.

4. Gunakan Windows Troubleshooter

Langkah berikutnya untuk membuka Microsoft Store yang bermasalah adalah dengan menggunakan Windows Troubleshooter. Windows Troubleshooter adalah fitur bawaan Windows yang bisa mendeteksi mengapa Microsoft Store bermasalah dan tidak bisa dijalankan.

Tidak hanya itu, Windows Troubleshooter juga bisa mengatasi masalah tersebut. Berikut langkah lengkapnya:

  • Gunakan fitur pencarian komputer untuk membuka fitur Windows Troubleshooter. Caranya, masuk ke “Windows search bar” kemudian tuliskan “Troubleshoot”.
  • Buka fitur tersebut, kemudian scroll ke bawah sampai Anda menemukan aplikasi Microsoft Store yang bertuliskan “Windows app store”.
  • Troubleshooter akan mulai mengidentifikasi masalah yang terjadi pada aplikasi tersebut.
  • Setelah selesai, Windows Troubleshooter akan memunculkan pesan yang bertuliskan langkah-langkah untuk memperbaiki Microsoft Store tersebut,
  • Ikuti setiap langkahnya dan Microsoft Store Anda akan bisa dibuka kembali.

5. Gunakan System Scan CMD

Untuk solusi yang lebih mudah lagi, Anda bisa memanfaatkan fitur scan untuk memperbaiki Microsoft Store dengan Command Prompt atau biasa disebut dengan CMD.

Tak jauh beda dari Windows Troubleshooter, fitur ini mampu mendeteksi permasalahan pada aplikasi atau sistem yang rusak.

Bedanya, Anda tidak perlu melakukan perbaikan manual karena sistem scan CMD ini mampu mendeteksi sekaligus memperbaiki. Tanpa perlu lama-lama lagi, berikut langkah dalam menggunakan System Scan CMD:

  • Tuliskan “CMD” pada fitur pencarian Windows.
  • Kemudian, pilih opsi “Run as administrator” yang tersedia di sisi layar sebelah kanan.
  • Tulis perintah berikut ini “Sfc” atau “Scannow”.
  • CMD akan memulai proses scan dan perbaikan dalam beberapa menit. Tunggu sampai selesai.
  • Jika ada file atau aplikasi yang rusak, CMD akan memberikan notifikasi dan otomatis akan memperbaikinya dengan fitur terbaru.
  • Restart Windows Anda dan coba buka Windows app store. Selesai.

6. Update Windows

Jika semua cara di atas masih belum bisa memperbaiki masalah pada Microsoft Store Anda maka coba lakukan Update Windows. Caranya, buka menu Settings Windowskemudian pilih opsi “Update & Security”. Selesai.

Baca Juga:

4 Langkah Mematikan Antivirus Windows 10

7 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

6 Provider WiFi Termurah Selama #DiRumahAja

Cara Menghapus Halaman Facebook di PC dan HP

Situs Download Film Subtitle Indonesia Terbaru Secara Gratis

Cara Mudah Download Video di Facebook Tahun 2020

6 Situs Download Game PC Bajakan Gratis Selama #DiRumahAja

10 Situs Download Game PC Legal Gratis Selama #DiRumahAja

4 Cara Mempercepat Koneksi Internet dan WiFi

Itulah penjelasan singkat tentang 6 Langkah Membuka Microsoft Store Bermasalah. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ke orang-orang terkasih Anda.