Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Aplikasi
Teknologi

Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Aplikasi

Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Aplikasi – Salah satu cara mempercepat kinerja laptop tanpa aplikasi tambahan adalah dengan cara penggantian hardware (perangkat keras) pada laptop.

Cara yang bisa mengubah kecepatan kinerja laptop yang paling signifikan adalah mengganti Hard-Disk bawaan dengan SSD (Solid-State Drive).

Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Aplikasi

SSD adalah media penyimpanan yang menggunakan memori kuat (nonvolatile memory) sebagai media, dan tidak menggunakan piringan magnetis seperti Hard-Disk konvensional.

SSD memang kerap digunakan belakangan ini untuk menggantikan Hard-Disk. Hard-Disk nampaknya sudah terlalu lama dikenal sebagai storage komputer dan laptop karena harganya yang murah dan berasal dari bawaan laptop.

Sementara SSD menjanjikan kecepatan transfer data 5 kali lebih cepat dari pada Hard-Disk. Bentuk SDD menyerupai Flashdisk namun dengan ukuran lebih besar.

Bisakah SSD Mempercepat Kinerja Laptop?

Tidak seperti Hard-Disk yang berbentuk piringan berputar, SDD adalah papan elektronik yang terdiri dari seperangkat register super cepat dalam memproses infromasi yang masuk.

Keunggulan lain SSD adalah perangkat ini benar-benar senyap, karena tidak memiliki perangkat yang berputar. Sementara Hard-Disk jika sudah termakan usia, kadang berdencit. SDD secara fisik memang lebih ramping dari Hard-Disk.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir bila SDD muat di laptop Anda atau tidak. SDD sudah disesuaikan dengan bentuk Hard-Disk  sehingga bila Anda ingin mengganti Hard-Disk ke SDD maka hal tersebut sangat mungkin dilakukan.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop dengan SSD

Proses pergantian Hard-Disk ke SDD cukup mudah dan minim resiko. Anda hanya perlu membuka casing laptop, lepas Hard-Disk lama, dan masukkan SSD untuk menggantinya.

Kemudian lakukanlah install ulang pada laptop Anda. Proses install ulang ini sudah terasa cepat karena penggantian ke SDD. Hal yang paling mencolok adalah saat booting, yang hanya berlangsung 20-30 detik saja.

Hardware yang bisa diganti sebagai cara mempercepat kinerja laptop adalah RAM (Random Access Memory). RAM adalah suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak.

Fungsi RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada laptop. Langkah-langkah mengganti RAM sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

Langkah Mengganti RAM

Pertama-tama cabut semua aliran listrik yang masih mengalir ke laptop, termasuk charger dan baterai laptop. Buka penutup RAM yang ada di bagian bawah laptop yang berada di samping penutup baterai.

Anda kemudian akan melihat satu keping RAM bawaan laptop yang terpasang pada slot. Ganti saja RAM tersebut dengan RAM yang telah Anda beli/siapkan.

Setelah terpasang, tutup kembali RAM seperti semula. Nyalakan laptop seperti biasa, karena penambahan RAM tidak memerlukan instalasi apapun.

Nah, itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kinerja laptop tanpa menggunakan software atau aplikasi.

Baca Juga:

4 Langkah Mematikan Antivirus Windows 10

6 Langkah Membuka Microsoft Store Bermasalah

4 Langkah Aktivasi Microsoft Office 2016

4 Langkah Aktivasi Microsoft Office 2013

Menghapus Chromium Semua Windows

3 Langkah Kalibrasi Baterai Laptop dengan Mudah dan Aman

6 Situs Download Game PC Bajakan Gratis Selama #DiRumahAja

10 Situs Download Game PC Legal Gratis Selama #DiRumahAja

4 Cara Mempercepat Koneksi Internet dan WiFi

Itulah penjelasan singkat tentang Mempercepat Kinerja Laptop Tanpa Aplikasi. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi ke orang-orang terkasih Anda.